Senin, 06 Februari 2017 | 9:05:57 AM

Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Pegawai berbasis Elektronik oleh BPSDM

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kinerjanya melalui berbagai aspek. Tidak hanya pembangunan infrastruktur yang terlihat secara kasat mata, namun juga gebrakan dalam peningkatan sumber daya manusia dalam mendongkrak paradigm manajemen pegawai di lingkungan kementerian yang berbasis kompetensi dan kinerja. Kementerian PUPR telah selangkah lebih maju dalam mengimplementasikan manajemen kinerja. Hal ini salah satunya dibuktikan dengan diraihnya penghargaan nasional sebagai juara 1 pada kategori Implementasi Penilaian Kinerja oleh pada petengahan awal tahun 2016.

Menteri PUPR, Dr. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., berkomitmen dalam peningkatan kompetensi dan kinerja seluruh pegawai di lingkungan Kementerian PUPR melalui pencanangan Insan PUPR berkualitas, yakni pelayan publik yang mumpuni, inovatif serta berpegang teguh pada prinsip-prinsip integritas, kerja sama, dan kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan untuk pembangunan infrastruktur bidang PUPR yang andal, berkelanjutan dan berdaya saing. Dalam mewujudkan model itu, seluruh insan PUPR harus menjiwai nilai budaya kerja keras, bergerak cepat, bertindak tepat serta berkarakter berani, kuat dan berjiwa seni.

Upaya-upaya perbaikan manajemen kinerja terus gencar dilakukan oleh Kementerian PUPR. Dalam pelaksanaan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) diantaranya diwujudkan dalam pengisian jabatan dan mutasi jabatan di lingkungan Kementerian PUPR, yang sekarang harus melalui uji kompetensi dan penilaian kinerja. Tidak sampai disitu, uji kompetensi dan penilaian kinerja SDM tersebut dikembangkan kembali dalam bentuk aplikasi.

Terdapat 3 aspek manajemen kinerja yang berbasis elektronik/aplikasi, pertama pada Penilaian kompetensi teknis, pada aspek ini aplikasi bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan dalam penilaian sehingga tercipta efisiensi, kemudian yang paling penting adalah aplikasi ini bermanfaat untuk meminimalisasi interaksi antara penilai dengan yang dinilai agar hasil uji kompetensi dan kinerja pegawai dapat lebih objektif.

Kedua pada aspek evaluasi kinerja dengan pengembangan e-Kinerja, e-kinerja tidak hanya mempermudah seluruh pegawai dalam menyusun SKP dimana saja dan kapan saja, namun juga dapat dilakukan penilaian, pemantauan dan evaluasi yang tersistematis, hierarkis, dan terintegrasi sehingga dapat dilakukan penilaian kinerja yang lebih objektif dan transparan. Di samping itu, dengan adanya aplikasi e-Kinerja maka evaluasi kinerja individu terhadap organisasi lebih mudah untuk dilaksanakan.

Ketiga pada aspek penempatan melaluii pengembangan e-Talent Matix, aplikasi ini  menyediakan data dan informasi yang dapat mempermudah para pengambil kebijakan dalam melihat kompetensi dan kinerja pegawai yang sesuai dengan bakatnya untuk penempatannya. Dengan demikian, maka pengisian pejabatan atau mutasi jabatan dapat dilakukan lebih objektif, adil, independen dan akuntabel.

Berdasarkan uraian di atas, upaya peningkatan kompetensi dan kinerja pegawai berbasis elektronik tersebut dapat dikatakan sebagai komitmen BPSDM dalam melaksanakan Zona Integritas di Kementerian PUPR.

Kontak :

Tim Reformasi Birokrasi
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Jl. Pattimura 20 - Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12110
© 2017 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat