Senin, 06 Februari 2017 | 9:05:57 AM

TUJUAN REFORMASI BIROKRASI

Reformasi Birokrasi bertujuan menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur Negara. Tujuan Reformasi Birokrasi dalam lima tahun ke depan diharapkan mengarah ke tahapan pemerintahan yang berbasis kinerja, dan pada tahun 2025 diharapkan pemerintahan sudah beranjak pada tatanan dynamic governance sebagaimana pemerintahan Singapura.

Gambar. Tujuan Jangka Panjang Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Pemerintahan berbasis kinerja ditandai dengan beberapa hal, antara lain:

  1. Penyelenggaraan pemerintahan dilaksanakan dengan berorientasi pada prinsip efektif, efisien dan ekonomis;
  2. Kinerja pemerintah difokuskan pada upaya untuk mewujudkan outcomes (hasil);
  3. Seluruh instansi pemerintah menerapkan manajemen kinerja yang didukung dengan penerapan sistem berbasis elektronik untuk memudahkan pengelolaan data kinerja;
  4. Setiap individu pegawai memiliki kontribusi yang jelas terhadap kinerja unit kerja terkecil, satuan unit kerja di atasnya, hingga pada organisasi secara keseluruhan. Setiap instansi pemerintah, sesuai dengan tugas dan fungsinya, secara terukur juga memiliki kontribusi terhadap kinerja pemerintah secara keseluruhan.

 

Tujuan Reformasi Birokrasi 2015 – 2019 ditetapkan berdasarkan kepada tujuan dan sasaran Reformasi Birokrasi Nasional dan baseline kondisi sekarang. Tujuan secara umum yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi PUPR adalah penguatan birokrasi yang profesional dan berintegritas hingga tahun 2019 melalui penguatan 3 (tiga) hal sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pengawasan dan akuntabilitas untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik, bersih, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme
  2. Mengembangkan standar pelayanan dan menguatkan unit pelayanan publik untuk menguatkan kualitas pelayanan publik
  3. Mewujudkan profesionalisme SDM Aparatur yang didukung oleh sistem rekrutmen dan promosi aparatur berbasis kompetensi, serta memperoleh gaji dan bentuk jaminan kesejahteraan yang sepadan.

Sumber: Road Map RB PUPR Hal 9-11

Kontak :

Tim Reformasi Birokrasi
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Jl. Pattimura 20 - Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12110
© 2017 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat